Benarkah Kita Hidup di Tengah Peradaban Horor?

Benarkah kita hidup di tengah peradaban horor? Bagaimana kita mesti memaknai meruyaknya berbagai bentuk kekerasan, korupsi, manipulasi, atau kejahatan yang tampil begitu telanjang dan vulgar di depan mata kita? Haruskah kita terus tenggelam dalam kubangan budaya “horor” yang nyata-nyata telah menanggalkan hakikat kemanusiaan kita yang tanpa disadari telah menjadikan kita sebagai sosok-sosok buas dan kanibal yang rela memangsa sesamanya demi memuaskan hasrat kebuasan hati?

karnavalPascakemerdekaan, setidaknya kita telah melampaui tiga orde, yakni Orde Lama, Orde Baru, dan Orde Reformasi. Namun, banyak kalangan menilai, dari tiga orde yang kita lalui, (nyaris) belum manghasilkan perubahan yang mampu mengangkat harkat dan martabat kita sebagai bangsa yang berdaulat, bermartabat, dan terhormat. Situasi transisi dari satu orde ke orde berikutnya, selalu saja menampilkan drama horor yang berending tragis; yang telah meluluhlantakkan nilai-nilai kemanusiaan dan peradaban.

Era Orde Lama, misalnya, – meminjam istilah Budiman (2008) -- telah menghasilkan manusia Indonesia sebagai "manusia ideologis", yaitu manusia yang sarat dengan ide dan slogan-slogan ideologis. Berbagai slogan rakyat sebagai "pejuang", sebagai "berdiri di atas kaki sendiri", sebagai "nasionalis" menjadi bagian realitas manusia Orde Lama (Orla). Meski demikian, Orla gagal meningkatkan harkat kemanusiaan itu sendiri, disebabkan kegagalannya dalam memenuhi satu dimensi kemanusiaan, yaitu dimensi ekonomi. Kekerasan berlangsung karena ideologi dan kemiskinan.

Era Orde Baru, telah menghasilkan "manusia-manusia mekanis", yakni manusia-manusia pembangunan yang pikirannya justru dikosongkan dari ideologi-ideologi, untuk kemudian diisi dengan satu-satunya "ideologi", yaitu ideologi pembangunanisme. Manusia kemudian menjadi sekumpulan komponen dari "mesin pembangunan", yang di dalamnya berlangsung industrialisasi pikiran, berupa penyeragaman, standardisasi dan pembatasan-pembatasan terhadap manusia. Di dalamnya, berlangsung berbagai bentuk kekerasan dan in-humanitas, seperti penculikan, penyekapan, penangkapan paksa, ketimpangan, marjinalisasi, peminggiran, pemaksaan, represi, subordinasi, jual paksa, penyerobotan hak milik, perampasan hak pribadi menjadi bagian dari mesin pembangunan yang tidak manusiawi.

demoSementara itu, pada era Reformasi –disadari atau tidak—telah terjadi fragmentasi besar-besaran manusia sebagai akibat terbukanya pintu demokratisasi dan kebebasan. Akan tetapi, ironisnya, iklim reformasi justru telah menciptakan manusia- manusia yang kini lebih mementingkan diri sendiri, yakni manusia-manusia yang dapat melakukan apa saja terhadap manusia lain dan melahirkan juga manusia-manusia buas yang dapat menerkam dan memangsa negara hingga sekarat, demi memenuhi hasrat dan kepentingannya; mereka suka mengeksploitasi manusia-manusia lain sebagai "manusia komoditas" yang dieksploitasi tenaga, tubuh dan keterampilannya, demi kepentingan ekonomi, politik, dan keselamatan pribadi. Tanpa disadari, bangsa kita telah menjadi “pemuja” ritual arak-arakan, karnavalisme, retorika, pidato, pawai, dan bahkan demonstrasi, yang makin berdampak luas terhadap tatanan nilai dan norma-norma peradaban masyarakat.

Kini, sudah seabad lebih bangsa kita mengalami momentum kebangkitan nasional. Sudah selayaknya segenap komponen bangsa melakukan refleksi terhadap peradaban “horor” yang nyata-nyata telah kita rasakan amat mengusik nurani kemanusiaan kita. Semua pihak yang memiliki kekuatan untuk membangun peristiwa horor dengan segenap implikasi yang ditimbulkannya perlu melakukan “rehumanisasi” untuk menegakkan dan membangun kembali pilar-pilar kemanusiaan dan peradaban sipil yang (nyaris) runtuh.

Yang perlu segera dilakukan adalah meminimalkan efek-efek kerusakan dan mengontrol kompleksitasnya sehingga tidak jauh membentuk lubang-lubang kekerasan yang makin membuka dan meluas. Selain itu, aksi-aksi kemanusiaan yang sanggup membuka ruang untuk menumbuhsuburkan sikap toleransi, setiakawan, berdialog, dan berkomunikasi lintasbudaya perlu diagendakan agar mampu menciptakan generasi masa depan yang lebih toleran, inklusif, damai, dan ramah, yang tidak lagi menganggap dirinya sebagai kelompok promordial yang eksklusif, superior, dan dominan.

Tak lama lagi, bangsa kita juga akan menggelar sebuah hajat besar yang akan ikut menjadi penentu masa depan negeri ini pada kurun waktu lima tahun mendatang, yakni Pemilu untuk memilih presiden dan wakil presiden. Sungguh, tak ada alasan bagi siapa pun untuk membangun sebuah kekuatan “predator” yang akan merusak tatanan kehidupan berbangsa dan bernegara hanya sekadar untuk memburu hasrat kepentingan dan kekuasaan semata. Segenap komponen bangsa juga perlu mengawal pesta dan hajat besar itu agar jangan sampai berubah menjadi “ladang kekerasan” yang bisa membuat peradaban horor di negeri ini kian memfosil dan menyejarah.

Roh para pendiri negeri ini tentu akan meratap dan menangis apabila negara-bangsa yang telah dibangun dengan susah-payah itu terpaksa harus bersimbah darah akibat pertarungan antarsesama anak bangsa hanya lantaran perbedaan paham dan kepentingan. ***

----------------------
Gambar diambil dari inilah.com

8 komentar:

  1. Rosmana Apolla Putera mengatakan...

    sama-sama mas!
    .-= Rosmana Apolla Putera´s last blog ..THE BORN OF MOON =-.

  2. yanris mengatakan...

    Selama yang namanya senjata masih diproduksi di muka bumi dan kekuasaan masih menjadi target rebutan, ketakutan masih setia menggelayut manja pada setiap individu yang ingin merdeka. Merdeka dalam arti sebenarnya.
    .-= yanris´s last blog ..Momentum yang Tepat? =-.

  3. titiw mengatakan...

    Betul pak.. horor karena kita percaya kalo ini semua adalah horor yg berkepanjangan. Ayo dong, mulai dari diri sendiri untuk mendiptakan sesuatu yg tidak horor itu.. kalo semua orang pesimis, wah.. susah untuk merubah genre horor tersbut menjadi sebuah genre romantis yg happy ending..
    .-= titiw´s last blog ..New Cam of Mine: Canon PowerShot A480 =-.

  4. Sawali Tuhusetya mengatakan...

    oke, mas putera. makasih kembali, yak.

  5. Sawali Tuhusetya mengatakan...

    wah, berarti sulit terhindar dari cengkeraman peradaban horor, dong, mas yanris. meski demikian, kita tetep berharap semoga suatu ketika peradaban yang penuh sentuhan kedamaian dan bermartabat bisa terwujud.

  6. Sawali Tuhusetya mengatakan...

    sepakat, mbak titiw. utk menghindari cengekeraman peradaban horor semacam itu memang perlu dimulai dari diri sendiri. jangan biasakan melakukan aksis kekerasan dg dalih dan motif apa pun. kalau setiap warga bangsa mau melakukannya, insyaallah, peradaban yang damai dan bermartabat itu bisa segera terwujud.

  7. munawar am mengatakan...

    Kalau samuel p huntingtong tesisnya benar; benturan antar peradaban menjadi embrio pradaban horor karena bangunannya yang asimetris dan terkasta; ngeri maju dan superpower secara "takdir" memiliki fitrah untuk mencengkeram dengan dalih apapun kepada negeri-negeri berkembang dan negeri-negeri terbelakang;

    sublimasi peradaban yang dipaksakan melalui jargon2 demokrasi demokratisasi. Bush pernah sangat lantang dan sombong; negara manapun yang tidak bergabung dengan kami (USA) dalam melawan terorisme, mereka adalah bagian dari teroris.....

  8. Sawali Tuhusetya mengatakan...

    wahm terima kasih banget tambahan informasinya yang sangat mencerahkan ini mas nawar. kok bisa2nya mr bush arigan banget seperti itu, yak?

Posting Komentar